Beranda > Tak Berkategori > Tentang Kami

Tentang Kami

19 Agustus 2010

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM Baitul Ilmi adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang didirikan di Desa Cipambuan Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor pada tahun 2005 oleh M. Fajar Junariyata, M.Kom. karena rasa keprihatinan yang mendalam terhadap kondisi ekonomi, sosial dan pendidikan masyarakat di Kecamatan Babakan Madang pada saat itu. Kecamatan Babakan Madang yang hanya berjarak 26 km dari ibukota Jakarta dan 9 km dari kota Bogor, ternyata mempunyai penyandang buta aksara lebih dari 3000 orang (data tahun 2008), sehingga sangat mempengaruhi cara berpikir dan bertindak pada sebagian warganya. Tanah Bogor yang subur tidak mampu membuat warga masyarakatnya hidup sejahtera, sehingga sebagian besar (hampir 80%) tanah di Babakan Madang telah beralih kepemilikan ke para pengusaha dan pengembang. Sedangkan warga asli saat ini kebanyakan sudah tidak punya lahan lagi untuk pertanian bahkan rumah untuk kehidupannya. PKBM Baitul Ilmi didirikan dengan tujuan untuk membantu masyarakat miskin, kurang mampu, dan pengangguran melalui pendidikan nonformal dan informal. Dengan pola pendidikan yang langsung menyentuh rakyat kebanyakan, diharapkan dapat memberikan pencerahan sehingga menjadi manusia yang cerdas, terampil dan berdaya yang pada akhirnya meningkat kesejahteraannya.
PKBM Baitul Ilmi saat ini mempunyai program-program yang dapat diikuti secara gratis oleh kaum dhuafa, miskin, tidak mampu, dan pengangguran, seperti:
1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
2. Pendidikan Keaksaraan
3. Pendidikan Kesetaraan (Paket A, B dan C)
4. Pendidikan Keterampilan dan Kecakapan Hidup (Administrasi, Keuangan, Komputer dan Informatika, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Perdagangan, dsb).
5. Pemberdayaan Perempuan
6. Pembinaan Mental Pemuda, Olahraga, dan Kesenian
7. Kelompok Belajar Usaha
8. Program Beasiswa Magang
9. Taman Bacaan Masyarakat
10. Pendampingan Buruh, Petani dan Nelayan

Dalam menjalankan kegiatannya, PKBM Baitul Ilmi sangat mengandalkan sumbangan dari para dermawan dan donatur yang tidak mengikat. Anda juga dapat menyumbang untuk membantu Saudara-saudara yang sampai saat ini belum dapat menikmati kesejahteraan melalui rekening Bank Jabar Banten Cabang Cibinong nomor: . 0006934471101 a.n. PKBM BAITUL ILMI

Iklan
Kategori:Tak Berkategori
%d blogger menyukai ini: