PELATIHAN WIRAUSAHA BUDIDAYA BELUT ANGKATAN XXVI

10 Desember 2010

PKBM BAITUL ILMI kembali akan mengadakan pelatihan Wirausaha Budidaya Belut Angkatan XXVI pada hari Sabtu-Minggu tanggal 25 Juni 2011 pukul 08-17.00 WIB selama dua hari penuh. Kegiatan yang sangat dinanti-nanti oleh para calon belutters nusantara tersebut rencananya akan diikuti 16 orang peserta dari seluruh Indonesia. Dengan membayar kontribusi Rp500.000,  peserta akan mendapatkan  materi pelatihan yang menyeluruh dan tuntas, sehingga selesai pelatihan peserta bisa langsung mengaplikasikannya. Adapun materi pelatihan antara lain:
1. Dasar-dasar Kewirausahaan. Setelah mengikuti pelajaran ini peserta diharapkan mampu memahami dasar-dasar kewirausahaan yang meliputi bagaimana cara: memilih alternatif usaha, memulai usaha, dan menjalankan usaha. Peluang dan prospek bisnis budidaya belut, analisis usaha dan langkah-langkah dalam memulai, menjalankan dan menjaga agar usaha tetap sukses merupakan point-point penting yang akan didapatkan oleh peserta pelatihan. Selain itu peserta juga akan mendapatkan materi trik-trik dalam pemasaran yang merupakan ujung tombak dari usaha.
2. Teknik Budidaya belut. Peserta akan mendapatkan materi langsung dari pakarnya yang meliputi: pengenalan tentang belut, teknik persiapan wadah/kolam, teknik persiapan media, teknik pembibitan, teknik pembesaran baik di media lumpur maupun media air bening tanpa lumpur.
3. Pencegahan dan Penanganan Penyakit Belut. Peserta akan mendapatkan bimbingan dan materi mengenai berbagai macam jenishama dan penyakit yang biasa menyerang belut, pencegahan dan pengobatannya.
4. Panen dan Penanganan Pascapanen. Peserta pelatihan akan mendapatkan bimbingan dan pelatihan tentang bagaimana dan kapan waktu panen yang paling baik, serta penangannya pasca panen sehingga hasil panen berkualitas, dan dapat meningkatkan nilai tambah hasil panen.

 

Materi pelatihantersebut meliputi teori dan praktik dan disampaikan sendiri oleh: ri M. FAJAR JUNARIYATA, pakar belut nasional, pelopor budidaya belut di air bening tanpa lumpur, yang juga penulis buku “PANEN BELUT 3 BULAN DI MEDIA AIR BENING TANPA LUMPUR” dan “USAHA PEMBIBITAN BELUT DI LAHAN SEMPIT”

Calon peserta yang berminat dapat menghubungi Sekretariat PKBM Baitul Ilmi Desa Cipambuan RT 03/03 No. 45 Kec. Babakan Madang Kab. Bogor (Depan Masjid QADAFI Sentul selatan) HP 08111104571

Iklan
%d blogger menyukai ini: